Visi Misi & Tujuan SMAN 8 Pekanbaru

A. VISI, MISI, DAN TUJUAN

1. Visi

TERWUJUDNYA SMA NEGERI 8 PEKANBARU SEBAGAI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL YANG UNGGUL DI BIDANG AKADEMIS, DISIPLIN, AGAMIS DAN KOMPETITIF, DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERSIH ,RINDANG, INDAH DAN ALAMI.

Indikator Visi:

Memperoleh prestasi tertinggi bidang akademik tingkat nasional maupun international.

Menjadi sekolah yang selalu berusaha untuk senantiasa terdepan dan menjadi teladan dalam berbagai hal.

Menjadi tempat Pembelajaran Pendidikan LH siswa Propinsi Riau, di Laboratorium Alam SMAN 8 Pekanbaru.

2. Misi

1) Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan inovatif yang berorientasi kepada pencapaian kompetensi berstandar nasional dan internasional dengan tetap mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

2) Menumbuhkan semangat keunggulan, keteladanan dan penguasaan ilmu dan teknologi serta terus meningkatkan profesionalisme


3) Melaksanaan proses pembelajaran berbasis teknologi informatika dengan pengantar bahasa nasional dan bahasa asing.


4) Memperluas jaringan kerja sama nasional dan internasional


5) Menumbuhkan semangat ketaqwaan dan keimanan bagi seluruh warga sekolah.


6) Menumbuhkan semangat peduli lingkungan hidup bagi semua warga sekolah sehingga menjadi rujukan pendidikan Lingkungan Hidup bagi sekolah lainnya di Indonesia.


7) Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif secara insentif kepada seluruh warga sekolah sehingga lulusannya dapat diterima pada Perguruan tinggi ternama di dalam dan di luar negeri.


8) Menerapkan management pengelolaan/ mengadopsi sekolah standar internasional, dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stakeholders.


9) Menumbuhkan suasana akademis untuk terciptanya sekolah atau kelas berstandar international



3. Tujuan


Pada tahun 2010 SMA Negeri 8 Pekanbaru telah :



1) Menjadi sekolah yang diakui di tingkat international dan memiliki kelas international


2) Menjadi sekolah yang seluruh komponen sekolah memahami dan terampil menggunakan program-program aplikasi


komputer sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.


3) Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang berbasis pada teknologi


4) Memiliki sarana dan prasarana untuk proses pengolahan sampah organik dan an organik serta kertas sehingga dapat mengurangi volume sampah dan memanfaatkan limbah sekolah untuk pupuk dan juga untuk proses pembelajaran Pendidikan lingkungan hidup bagi siswa.


5) Memiliki sistem manajemen informasi yang terkomputerisasi


6) Memiliki guru-guru yang telah terakriditasi dengan standar international


7) Memiliki kurikulum yang adaptif dengan kurikulum berstandar international


8) Memiliki budaya hidup bersih dan peduli lingkungan sekitar baik disekolah


9) Memiliki budaya kerja dan budaya mutu berstandar international


10) Memiliki guru yang mampu mengajar di kelas dengan pengantar bahasa international


11) Rata-rata Nilai pada Surat Tanda Kelulusan mencapai minimal 8.00


12) Menjadi model inovasi dan perubahan proses pembelajaran dan manajemen peningkatan mutu sekolah.


13) Menjadi sekolah yang berbudaya lingkungan untuk melestarikan lingkungan dan peningkatan kualitas lingkungan.


14) Memperoleh prestasi tertinggi bidang akademik tingkat nasional maupun international


15) Menjadi sekolah yang selalu berusaha untuk senantiasa terdepan dan menjadi teladan dalam berbagai hal.


16) Menjadi sekolah yang selalu berusaha untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.


17) 25% lulusan diterima pada perguruan tinggi di luar negeri.


18) Menjadi sekolah yang adaptif dan adoptif dengan berbagai kemajuan lingkungan nasional dan international.


19) Memiliki kelompok IMO, IOI, IFHO, IBO, IAO, ICHO yang mampu menjadi finalis tingkat nasional dan international


20) Memiliki kelompok KIR yang mampu memenangkan LKIR tingkat nasional maupun international


21) Memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada tingkat nasional dan memperkenalkan lokal (budaya Melayu) di dunia internasional.


22) Memiliki tim olah raga yang mampu tampil pada tingkat nasional/ internasional


23) Memiliki sistem pembelajaran yang inovatif dan dicontoh oleh berbagai pihak karena kesuksesannya.


24) Memiliki sistem layanan siswa yang handal dan terpercaya


25) Memiliki tenaga laboran, perpustakaan, dan sumber daya pendukung yang memahami ICT serta mampu berkomunikasi dengan mempergunakan bahasa Inggris. Read More..